Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana program java yang menggunakan Enkapsulasi. Berikut ini Codingnya. yaudah langsung aja lihat di bawah ini.
import javax.swing.*;
public class kapsul
{
public static void main (String[] Args)throws Exception
{
int a=Integer.parseInt(JOptionPane.showInputDialog("Silahkan Dipilih\n*********\n1. Luas & Keliling Lingkaran \n2. Luas & Keliling Segitiga Siku - Siku \n3. Biodata \n4. Pengertian Enkapsulasi\n\nMasukkan Pilihan :"));
if (a==1)
{
hitung1 panggil = new hitung1();
JOptionPane.showMessageDialog(null, "Luas Lingkaran Anda : "+panggil.b+"\n"+"Keliling Lingkaran Anda : "+panggil.r+(JOptionPane.INFORMATION_MESSAGE));
}
else if (a==2)
{
hitung2 panggil = new hitung2();
JOptionPane.showMessageDialog(null, "Luas Segitiga Siku - Siku Anda : "+panggil.q+"\n"+"Keliling Segitiga Siku - Siku Anda : "+panggil.n+(JOptionPane.INFORMATION_MESSAGE));
}
else if (a==3)
{
biodata panggil = new biodata();
JOptionPane.showMessageDialog(null, "Nama Anda adalah "+panggil.nama+"\n"+"NPM Anda adalah "+panggil.npm, "Hasil Operasi", JOptionPane.INFORMATION_MESSAGE);
}
else if (a==4)
{
pengertian panggil = new pengertian();
JOptionPane.showMessageDialog(null, "Pengertian Enkapsulasi \n"+panggil.z+(JOptionPane.INFORMATION_MESSAGE));
}
}
}
class hitung1
{
double f=Double.parseDouble(JOptionPane.showInputDialog("Masukkan Nilai Jari - Jari : "));
double b=3.14*f*f;
double r=2*3.14*f;
}
class hitung2
{
double g=Double.parseDouble(JOptionPane.showInputDialog("Masukkan Nilai Alas : "));
double h=Double.parseDouble(JOptionPane.showInputDialog("Masukkan Nilai Tinggi : "));
double q=(g*h)/2;
double m=Math.sqrt((g*g)+(h*h));
double n=g+h+m;
}
class biodata
{
String nama=JOptionPane.showInputDialog("Masukkan Nama :");
String npm=JOptionPane.showInputDialog("Masukkan NPM :");
}
class pengertian
{
String z= ("\nEnkapsulasi adalah suatu cara untuk menyembunyikan informasi detail dari suatu class. \nDua hal yang mendasar dalam enkapsulasi yakni : \n\n• Information hiding. \n• Interface to access data. \n\nInformation hiding \n\nSebelumnya kita dapat mengakses anggota class baik berupa atribut maupun method secara langsung \ndengan menggunakan objek yang telah kita buat. Hal ini dikarenakan akses kontrol yang diberikan kepada atribut maupun method \nyang ada di dalam class tersebut adalah 'public'. Kita dapat menyembunyikan informasi dari suatu class sehingga anggota class \ntersebut tidak dapat diakses dari luar, caranya adalah hanya dengan memberikan akses kontrol 'private' \nketika mendeklarasikan atributatau method. Proses ini disebut dengan information hiding. \n\nInterface to access data \n\nJika kita telah melakukan information hiding terhadap suatu atribut pada suatu class, lalu bagaimana cara melakukan perubahan \nterhadap atribut yang kita sembunyikan tersebut, caranya adalah dengan membuat suatu interface berupa \nmethod untuk menginisialisasi atau merubah nilai dari suatu atribut tersebut");
}
public class kapsul
{
public static void main (String[] Args)throws Exception
{
int a=Integer.parseInt(JOptionPane.showInputDialog("Silahkan Dipilih\n*********\n1. Luas & Keliling Lingkaran \n2. Luas & Keliling Segitiga Siku - Siku \n3. Biodata \n4. Pengertian Enkapsulasi\n\nMasukkan Pilihan :"));
if (a==1)
{
hitung1 panggil = new hitung1();
JOptionPane.showMessageDialog(null, "Luas Lingkaran Anda : "+panggil.b+"\n"+"Keliling Lingkaran Anda : "+panggil.r+(JOptionPane.INFORMATION_MESSAGE));
}
else if (a==2)
{
hitung2 panggil = new hitung2();
JOptionPane.showMessageDialog(null, "Luas Segitiga Siku - Siku Anda : "+panggil.q+"\n"+"Keliling Segitiga Siku - Siku Anda : "+panggil.n+(JOptionPane.INFORMATION_MESSAGE));
}
else if (a==3)
{
biodata panggil = new biodata();
JOptionPane.showMessageDialog(null, "Nama Anda adalah "+panggil.nama+"\n"+"NPM Anda adalah "+panggil.npm, "Hasil Operasi", JOptionPane.INFORMATION_MESSAGE);
}
else if (a==4)
{
pengertian panggil = new pengertian();
JOptionPane.showMessageDialog(null, "Pengertian Enkapsulasi \n"+panggil.z+(JOptionPane.INFORMATION_MESSAGE));
}
}
}
class hitung1
{
double f=Double.parseDouble(JOptionPane.showInputDialog("Masukkan Nilai Jari - Jari : "));
double b=3.14*f*f;
double r=2*3.14*f;
}
class hitung2
{
double g=Double.parseDouble(JOptionPane.showInputDialog("Masukkan Nilai Alas : "));
double h=Double.parseDouble(JOptionPane.showInputDialog("Masukkan Nilai Tinggi : "));
double q=(g*h)/2;
double m=Math.sqrt((g*g)+(h*h));
double n=g+h+m;
}
class biodata
{
String nama=JOptionPane.showInputDialog("Masukkan Nama :");
String npm=JOptionPane.showInputDialog("Masukkan NPM :");
}
class pengertian
{
String z= ("\nEnkapsulasi adalah suatu cara untuk menyembunyikan informasi detail dari suatu class. \nDua hal yang mendasar dalam enkapsulasi yakni : \n\n• Information hiding. \n• Interface to access data. \n\nInformation hiding \n\nSebelumnya kita dapat mengakses anggota class baik berupa atribut maupun method secara langsung \ndengan menggunakan objek yang telah kita buat. Hal ini dikarenakan akses kontrol yang diberikan kepada atribut maupun method \nyang ada di dalam class tersebut adalah 'public'. Kita dapat menyembunyikan informasi dari suatu class sehingga anggota class \ntersebut tidak dapat diakses dari luar, caranya adalah hanya dengan memberikan akses kontrol 'private' \nketika mendeklarasikan atributatau method. Proses ini disebut dengan information hiding. \n\nInterface to access data \n\nJika kita telah melakukan information hiding terhadap suatu atribut pada suatu class, lalu bagaimana cara melakukan perubahan \nterhadap atribut yang kita sembunyikan tersebut, caranya adalah dengan membuat suatu interface berupa \nmethod untuk menginisialisasi atau merubah nilai dari suatu atribut tersebut");
}
LOGIKA PROGRAM
import javax.swing.* berguna untuk memanggil JoptionPane.
Maksud dari public class adalah kelas tersebut dapat sdi akses oleh oleh semua kelas.
public static void main (String[] Args)throws Exception, throws Exception berguna untuk melempar kesalahan yang ada pada saat pengcodingan.
Integer.parseInt(JOptionPane.showInputDialog (“...”) ), berguna untuk memasukkan inputan ke dalam text field.
Percabangan If digunakan jika ada pilihan yang pertama da n if else adalah pilihan untuk yang berikutnya.
hitung1 panggil = new hitung1() , hitung1 adalah kelas lain, new hitung1()
JOptionPane.showMessageDialog(null, "...”), berguna untuk manampilkan pesan yang telah di pilih dalam inputan. Null berguna agar suatu nilai tidak kosong.
class hitung1, class hitung2, class biodata, class pengertian merupakan sub class dari class utama yaitu class kapsul.
Ini merupakan outputnya
Mungkin terlihat lebih sulit, tapi coba aja. programnya udah dicoba kok dan berhasil 100% ketika di running (jangan lupa di compile dulu). kalo mau nambahin boleh aja silahkan di copas aja. semoga bermanfaat...
Muhammad Dede Fahlevi
Chairul Amri Akmal (Partner)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar